UPGRIS Peringkat 21 Pemeringkatan Kemahasiswaan Tingkat Nasional

- Kamis, 9 Desember 2021 | 16:01 WIB
Kampus Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). (dok Humas UPGRIS)
Kampus Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). (dok Humas UPGRIS)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM- Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) meraih peringkat 21 nasional (Universitas) pada liga 1 untuk semua kategori pemeringkatan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi pada Simkatmawa (Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan) tahun 2021.


Sementara pada Liga 2 ( Universitas dengan jumlah mahasiswa 5 ribu -18 ribu, untuk UPGRIS sekitar 14 ribuan mahasiswa) UPGRIS meraih peringkat peringkat 11. Capaian ini mengalami peningkatan cukup tajam atau naik 65 peringkat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Baca Doa Ini Ketika Masuk Masjid, Penting Bagi Umat Muslim
Pada tahun ini pengumuman dibedakan menjadi dua peringkat yaitu peringkat di liga dan peringkat nasional (universitas). Liga 1 merupakan kumpulan kampus-kampus besar baik PTN maupun PTS se-Indonesia seperti UGM, UI, ITB dan lainnya yakni dengan memiliki jumlah mahasiswa aktif lebih dari 18.000 mahasiswa.

Sedangkan liga 2, jumlah mahasiswa aktif lebih 5.000 kurang dari 18.000. Liga 3, jumlah mahasiswa aktif lebih dari 1000 dan kurang dari 5.000, serta liga 4 jumlah mahasiswa aktif di bawah 1.000.

Sistem Manajemen Informasi Pemeringkatan Kemahasiswaan merupakan sistem pelaporan kegiatan bidang kemahasiswaan untuk penilaian kinerja kemahasiswaan perguruan tinggi PTN maupun PTS Se-Indonesia dalam lingkup Kemendikbudristek.

Pemeringkatan diadakan setiap tahun terintegrasi dengan pemeringkatan universitas. Ini upaya Kemendikbudristek mengetahui kualitas pengelolaan dan pembinaan kemahasiswaan di suatu perguruan tinggi.

Baca Juga: PPKM Level 3 Dibatalkan, Kota Semarang Tetap akan Lakukan Pembatasan

Komponen penilaian lima aspek yaitu manajemen institusi, MBKM/non lomba, prestasi mandiri, rekognisi dan pelatihan mental kebangsaan serta kegiatan Belmawa Kemdikbud. Seluruh kegiatan tersebut dalam satu tahun kemudian dihitung dan diberikan nilai.

Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum mengemukakan pencapaian ini berkat kerja keras seluruh pihak baik mahasiswa, dosen dan civitas akademika di kampus UPGRIS. Menurutnya peran bidang kemahasiswaan menjadi sangat strategis, baik pada tataran kelembagaan kemahasiswaan di perguruan tinggi peningkatan prestasi mahasiswa. Selain itu pengembangan minat, bakat, penalaran, dan kreativitas serta keilmuan dan keprofesian juga menjadi perhatian pihak kampus.

''Mahasiswa UPGRIS tidak hanya dibekali dengan kemampuan atau kompetensi akademik semata, namun juga harus dibekali dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan soft skills mereka. Melalui wadah organisasi kemahasiswaan (ormawa) serta lembaga kemahasiswaan (lemawa) para mahasiswa selalu dibimbing oleh pembina yang profesional,'' papar Muhdi di kantornya, Kamis 9 Desember 2021.

Dengan jumlah pengurus ormawa lewama di UPGRIS yang mencapai 1.948 mahasiswa, telah banyak prestasi yang tiap tahun terus ditorehkan.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Suciati Calon Tunggal Rektor UPGRIS

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:34 WIB
X