UPGRIS Dorong Peningkatan Keterampilan Pelaku Usaha

- Rabu, 13 April 2022 | 14:01 WIB
Pelatihan wirausaha kreatif syariah yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang di UPGRIS, Rabu 13 April 2022. (dok Humas UPGRIS)
Pelatihan wirausaha kreatif syariah yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang di UPGRIS, Rabu 13 April 2022. (dok Humas UPGRIS)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mendorong peningkatan keterampilan para pelaku usaha. Bentuk dorongan UPGRIS itu dengan menyiapkan mentor dan fasilitas berupa laboratorium.

Wakil Rektor IV UPGRIS, Suwarno Widodo menyatakan, laboratorium bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis, terutama yang menyangkut desain dan kelengkapan pendukungnya.

"Kami selain menyediakan sumber daya manusia sebagai pemateri, juga menyediakan sarana prasarana atau laboratorium untuk mengembangkan keterampilan," kata Suwarno usai menghadiri pelatihan wirausaha kreatif syariah yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang di UPGRIS, Rabu 13 April 2022.

Baca Juga: Cara, Syarat, dan Biaya Buat SKCK Online untuk Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Dia menginginkan, peserta pelatihan tidak hanya berorientasi pada bisnis semata, melainkan juga mengedepankan aspek kejujuran sebagaimana nilai-nilai Islam.

"Maka harus ada nilai-nilai Islami yang ditanamkan pada pelatihan, antara lain kejujuran, amanah. Jadi peserta tidak hanya memandang dari sisi bisnis semata," ujarnya.

Pihaknya juga berharap sinergisitas antara pengusaha, akademisi dan komunitas masyarakat bisa memberikan pengaruh positif untuk pengembangan wirausahawan di Kota Semarang.

"Kegiatan kami dengan DMI sudah yang ketiga kali. Sebelumnya juga mengadakan pelatihan serupa mengenai kewirausahaan, namun untuk kali ini berbasis kreatif syariah," imbuhnya.

Kegiatan pelatihan yang juga melibatkan Bank Syariah Indonesia (BSI) ini dilaksanakan selama empat hari. Adapun peserta merupakan perwakilan dari beberapa masjid di Kota Semarang.

Baca Juga: Kecelakaan di Kendal Hari Ini, Truk Muatan Tepung Nyemplung Sungai

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Vokasi UNDIP Kukuhkan 1.535 Mahasiswa Baru

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:08 WIB

PIP Semarang Gelar Diklat bagi Nelayan di Lombok

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:25 WIB
X