Lestarikan Budaya, Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho Rekrut Anak Muda

- Minggu, 31 Juli 2022 | 11:07 WIB
Pentas perdana sekaligus peluncuran grup Seni Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho (BNM) Desa Purwokerto Kecamatan Patebon Kendal.  (Edi Prayitno / kontributor Kendal)
Pentas perdana sekaligus peluncuran grup Seni Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho (BNM) Desa Purwokerto Kecamatan Patebon Kendal. (Edi Prayitno / kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Momentum Tahun Baru Islam dan 1 Suro, grup Seni Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho (BNM) Desa Purwokerto, Kecamatan Patebon, Kendal mengadakan pentas perdana sekaligus peluncuran kelompok kesenian tradisional ini.

Grup kesenian tradisional ini beranggotakan 50 orang pentas di Lapangan Desa Purwokerto, Minggu 31 juli 2022. Adapun yang menarik dari kelompok kesenian ini, hampir semua anggotanya adalah anak muda mulai dari siswa SD hingga SMA.

Solikin, pembina kelompok kesenian ini mengatakan, merekrut anak-anak muda bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional.

Baca Juga: Inilah Ritual Malam Satu Suro Penjamasan Pusaka Tombak Abirawa Milik Pemkab Batang

“Kelompok kesenian ini menyajikan permainan tari barong, jaran kepang, burok dan dawangan. Momen 1 Suro yang bersamaan dengan acara Sedekah Bumi ini untuk bangkit kembali, setelah beberapa tahun vakum, karena keterbatasan peralatan,” jelasnya.

Dengan dukungan dari pemerintah desa, kelompok Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho bisa tampil di acara Sedekah Bumi desa setempat.

Sementara Munaroh, selaku ketua penyelenggara, yang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat mendukung dengan bangkitnya Group Singo Barong Budoyo Nakulo Mudho, karena untuk melestarikan budaya Jawa.

Baca Juga: 1 Muharram, Gabungan TPQ Sekecamatan Grabag Gelar Pawai Ta'aruf

Apalagi sebagian besar anggotanya anak-anak muda, sehingga kesenian tradisional akan tetap lestari.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Narapidana Teroris Dapat Sembako HUT TNI

Rabu, 5 Oktober 2022 | 12:00 WIB
X