Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77, Bupati Kendal: Jangan Ada yang Bermain di Proyek Infrastruktur

- Senin, 5 Desember 2022 | 17:53 WIB
Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 di halaman Kantor DPUPR Kendal, Senin 5 Desember 2022.  (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 di halaman Kantor DPUPR Kendal, Senin 5 Desember 2022. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Peringatan keras disampikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 di halaman Kantor DPUPR Kendal, Senin 5 Desember 2022.

Dico menegaskan kepada seluruh aparatur, insan PUPR, dan mitra kerja agar benar-benar menjaga betul seluruh program-program infrastruktur yang ada di Kendal.

“Saya juga perlu sampaikan tidak ada yang boleh bermain di proyek infrastruktur. Kepada seluruh aparatur yang terlibat dalam pekerjaan infrastruktur, saya ucapkan terima kasih karena telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur dan memberikan pelayanan infrastruktur dasar kepada masyarakat Kendal,” jelasnya.

Baca Juga: Beri Minum Burung Perkutut Pakai Ramuan Ajaib Ini Setiap Pagi, Terbukti Semakin Gacor

Bupati menambahkan, tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Kendal telah berhasil menyelesaikan berbagai pembangunan infrastruktur. Seperti bidang Cipta Karya, sudah dilaksanakan pemenuhan akses sanitasi layak sebesar 90,52 persen dan 16 rekomendasi Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) serta 94,03 persen akses air minum masyarakat.

“Bidang Sumber Daya Air telah menormalisasi 6.567 hektar Daerah Irigasi sehingga kondisinya baik, sedangkan bidang Bina Marga merehabilitasi dan merekonstruksi 17 ruas jalan dan merehabilitasi 2 jembatan dengan panjang 10.757 km,” imbuhnya.

Selanjutnya bidang tata ruang, tahun 2021 telah menyertifikatkan 629 bidang tanah aset Pemerintah Daerah. Bidang perumahan rakyat sudah meningkatkan 1.294 rumah dalam pelaksanaan RTLH dan membangun 178 rumah baru dan kawasan permukiman merevitalisasi 2 kawasan kumuh yaitu Kelurahan Bandengan dan Karangsari dengan mengurangi kawasan kumuh seluas 178,16 hektar.

Sedangkan di tahun 2022, bidang Cipta Karya telah melaksanakan pemenuhan akses sanitasi layak sebesar 93,29 persen, 21 rekomendasi SLF dan PBG, serta 95,03 persen akses air minum masyarakat. Untuk bidang sumber daya air, telah menormalisasi 7.067 ha daerah irigasi sehingga kondisinya baik.

Baca Juga: Sering Mengajukan tapi Selalu Gagal Dapat Pinjaman? Simak 5 Cara Lolos Survey KUR BRI 2022 di Sini

Bidang Bina Marga sudah merehabilitasi dan merekonstruksi 116 ruas jalan dan merehabilitasi 7 jembatan. Untuk bidang tata ruang di tahun 2022 telah menyertifikatkan 207 bidang tanah aset Pemerintah Daerah.

”Dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur, ke depan saya meminta kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan. Hal ini karena tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin tinggi dan besar terhadap pemerintah kabupaten Kendal. Upaya mewujudkan infrastruktur berkualitas harus dimulai dari tahap perencanaan, tender, hingga pelaksanaan,” kata bupati.

Selain itu, pembangunan infrastruktur harus lebih memperhatikan keberlanjutan lingkungan dengan mengikuti kaidah-kaidah green infrastructure.

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X