Kenalan dengan 4 Kode yang Tertera di Kemasan Oli, Biker Wajib Tahu

- Kamis, 20 Januari 2022 | 04:36 WIB
Simak pengertian kode yang ada di kemasan oli ini untuk paham pelumas yang tepat untuk kendaraan Anda (Pixabay)
Simak pengertian kode yang ada di kemasan oli ini untuk paham pelumas yang tepat untuk kendaraan Anda (Pixabay)

AYOSEMARANG.COM -- Yuk, kenalan dengan 4 pengertian kode yang tercantum dalam kemasan oli. Biker wajib tahu pengetahuan ini agar dapat memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Oli merupakan komponen yang krusial. Kekurangan dan kelebihan oli dapat menyebabkan kerusakan sepeda motor. Selain itu, kualitas oli yang tidak baik bisa membuat mesin sepeda motor cepat rusak.

Oleh karena itu, Anda sebagai biker wajib tahu 4 pengertian kode yang tertera di kemasan oli. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa tahu oli mana yang tepat untuk mesin motor Anda.

Baca Juga: Syarat, Ketentuan dan Biaya Perpanjangan SIM pada 2022

Secara garis besar, sebenarnya ada beberapa kode umum yang digunakan pada oli. Pertama adalah API, kemudian ILSAC, kemudian SAE, dan yang terakhir adalah JASO. Secara lebih mendalam, simak penjelasannya di bawah ini seperti dilansir dari Suara--jaringan Ayosemarang.

1. Kode Oli API

Merupakan singkatan dari American Petroleum Institute, yang merupakan badan internasional yang mengeluarkan sertifikasi untuk oli secara umum. Pengujian yang dilakukan tentu menyeluruh, sehingga penggolongannya juga mendetail.

Kode API ini diikuti dengan huruf berbeda, S untuk kendaraan berbahan bakar bensin, dan N untuk kendaraan berbahan bakar solar. Kemudian diikuti satu huruf lagi yang menandakan kualitas oli, mulai dari A untuk kualitas standar, sampai Z untuk kualitas terbaik.

Baca Juga: Sepeda Motor Injeksi Mendadak Mogok ketika Digas? Mungkin Ini Penyebabnya

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X