Mudik Diperbolehkan, Dishub dan Satlantas Polres Batang Cek Kelaikan Bus Angkutan

- Selasa, 12 April 2022 | 15:06 WIB
Petugas Dishub dan Satlantas Polres Batang melakuka pengecakan bus yang menjadi angkutan mudik lebaran di PT Pasi Jaya Abadai Tulis. Foto: Muslihun kontributor Batang.
Petugas Dishub dan Satlantas Polres Batang melakuka pengecakan bus yang menjadi angkutan mudik lebaran di PT Pasi Jaya Abadai Tulis. Foto: Muslihun kontributor Batang.
 
BATANG, AYOSEMARANG.COM - Transportasi darat, salah satunya bus masih menjadi pilihan masyarakat di Indonesia sebagai angkutan mudik Lebaran
 
Sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadai musibah, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres Batang melakukan pengecekan kelengkapan kelaikan bus sebagai upaya mengurangi reziko kecelakaan. 
 
"Kita jemput bola mengecek armada bus. Yang kita cek mulai dari kelengkapan surat- surat, izinya dan juga awak angkutannya," kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Bambang Hernawan, Selasa 12 April 2022. 
 
 
Petugas Dishub Batang itu juga mengecek perlengkapan bus seperti Alat Pemadam Api (Apar), pemecah kaca, wiper, klakson, lampu dan ban. 
 
"Kita sudah tiga kali pengecekan di perusahaan bus pariwisata. Hasilnya semunya sudah siap, semuanya oke. Hanya saja yang perlu dilengkapi yakni alat kesehatan," kata Bambang. 
 
Ia juga menyebutkan, ada sekitar 12 Perusahaan bus di Kabuparen Batang, secara bertahap akan dilakukan pengecekan armada yang menjadi angkutan mudik lebaran. 
 
"Armada yang disiapkan secara keseluruhan untuk angkutan lebaran jumlahnya ada sekitar 100 bus," tukasnya. 
 
 
Kepala Urusan pembinaan Operasi Satlantas Polres Batang, Ipda Danang Primayanto menghimbau para sopir atau awak angkutan bus tetap menjaga kesehatan dan keselamatan dan ikuti rambu - rambu lalu lintas  
 
"Saya minta bawa sopir cadangan, Apabila lelah, ngantuk harus istirahat atau gantian, keselamatan harus di nomor satukan baik diri sendiri dan penumpang," jelasnya. 
 
Tidak hanya kelengkapan administrasi surat - surat armada bus, tapi juga awak bus harus sudah.mendapatkan vaksinasi covid-19 dosis pertam, kedua dan ketiga atau booster. 
 
"Tadi sudah saya periksa kelengkapan suratnya  sudah komplit. Termasuk kartu vaksin juga sudah sampai ke dosis tiga atau booster," pungkasnya. 
 
 
Pemilik perusahaan bus PT Paksi Jaya Abadi, Bambang Yuwono mengapresiasi kegiatan pengecekan armadanya oleh Dinas Perhubungan dan Satlabtas Polres Batang. 
 
Ia mengaku akan memberangkatkan 12 bus yang sudah dipesan oleh beberapa perusahaan di Jakarta untuk mengakut pemudik. 
 
"Kami sangat welcome dan senang. Ini menjadi suatu perhatian bagi kami agar menyiapkan bus yang benar - benar latak dan sopirnya," katanya. 
 
 

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X