Bulan Dzulhijjah, Gunakan Kesempatan Sebaik-Baiknya untuk Bertaubat

- Selasa, 5 Juli 2022 | 07:27 WIB
Ilustrasi Kesempatan bertaubat di bulan Dzulhijjah.  (Freepik/Jcomp)
Ilustrasi Kesempatan bertaubat di bulan Dzulhijjah. (Freepik/Jcomp)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Bulan Dzulhijjah disebut sebagai salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Oleh karena itu, kesempatan beribadah tidak hanya diberikan kepada jemaah haji. Siapapun mendapat kesempatan beribadah dan melakukan amalan seperti bertaubat.

Bertaubat merupakan awal baik bagi manusia yang sadar akan maksiatnya. Bertaubat juga menjadi tonggak penting untuk berubah dan menjadi diri yang lebih baik lagi.

Saat datangnya bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh. Salah satunya adalah bertaubat atau tidak melakukan maksiat. Jika nafas masih ada, tandanya masih terbuka kesempatan untuk membersihkan diri dan bertaubat.

Baca Juga: Apa Niat Puasa Dzulhijjah? Ini Keistimewaan Jelang Hari Raya Idul Adha 2022

Dengan memperbanyak taubat dan menyibukkan diri dengan amal saleh serta tidak zalim terhadap sesama, Bulan Dzulhijjah akan terasa lebih baik.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan dalam hadis riwayat Ibnu ‘Abbas yang ada di dalam Sunan At-Tirmidzi, yang artinya:

“Rasulullah SAW berkata: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini,” (HR At-Tirmidzi).

Baca Juga: Puasa Dzulhijjah Haruskah 9 Hari Berturut-turut? Ini Penjelasannya

Taubat dilakukan dengan meninggalkan dosa karena takut pada Allah, menganggapnya buruk, menyeselaikan perbuatan maksiatnya, bertekad kuat untuk memperbaiki apa yang mungkin bisa diperbaiki.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X