Pemkab Batang Siapkan Rp3,9 Miliar Untuk Warga Terdampak kenaikan BBM

- Rabu, 28 September 2022 | 14:20 WIB
Pj Sekda Batang, Ari Yudianto. Foto: Muslihun kontributor Batang
Pj Sekda Batang, Ari Yudianto. Foto: Muslihun kontributor Batang

BATANG, AYOSEMARANG.COM- Pemerintah Kabupaten Batang menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar untuk perlindungan sosial masyarakat terdampak kenaikan bahan bahan bakar minyak (BBM).

Anggaran tersebut bersumber dari APBD Perubahan, yakni dari dana alokasi umum (DAU) sebesar 2 persen dan dana bagi hasil yang belum tersalurkan.

Belanja wajib perlindungan sosial itu sebagai implementasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022.

Baca Juga: Luncurkan Jersey Baru, Tim Banteng Alas Roban, Persibat Batang Targetkan Lolos Liga II

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Sekda Batang, Ari Yudianto saat ditemui di kantornya, Rabu 28 September 2022.

“Belanja wajib perlindungan sosial tersebut diperuntukkan bagi tukang ojek, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan nelayan, penciptaan lapangan pekerjaan dan atau pemberi subsidi sektor transportasi angkutan umum,”ungkapnya.

Untuk kegiatan padat karya, selain memberikan manfaat kepada warga karena mereka bisa bekerja dan dapat upah. Kegiatan itu juga sebagai antisipasi banjir di musim penghujan.

Baca Juga: Gugatan Praperadilan Terhadap Polres Batang Terkait Penggelapan Melinjo Mulai Disidangkan

“Untuk padat karyanya nanti membersihak sedimentasi sungai, sebagai upaya antisipasi banjir di musim penghujan,” katanya.

Adapun jumlah masyarakat yang akan menerima program perlindungan sosial, Pemkab Batang terus melakukan rapat koordinasi dengan OPD pengampu.

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X