Jadwal Pencairan Gaji ke-13 2022 PNS dan Pensiunan, Segini Besarannya

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:06 WIB
Gaji ke-13 PNS dan pensiunan  (istimewa)
Gaji ke-13 PNS dan pensiunan (istimewa)

AYOSEMARANG.COM — Hingga saat ini banyak yang memperbincangkan soal gaji ke-13 2022 kapan cair untuk PNS dan pensiunan. Akankah gaji ke-13 PNS 2022 dan pensiunan akan cair lebih awal di bulan Juni? Simak info terkini yang telah kami rangkum.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa gaji ke-13 bagi ASN, TNI, pensiunan, Polri dan pejabat lainnya akan cair. Seperti diketahui, gaji ke-13 tersebut akan cair setelah THR (Tunjangan Hari Raya) yang telah diterima oleh pegawai.

Hal tersebut dikatakan oleh Jokowi melalui laman setkab.go.id pada 13 April 2022 yang lalu. “Pada 13 April 2022, saya telah menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat Negara, serta tambahan tunjangan kinerja 50 persen untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja."

Baca Juga: Sosok SimpleMan Penulis KKN di Desa Penari, Siapakah Dia?

"Kebijakan ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi aparat pusat dan aparat daerah dalam menangani pandemi COVID-19, serta diharapkan menambah daya beli masyarakat dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Jokowi menambahkan, adanya ketentuan lainnya terkait teknisi pemberian THR dan gaji ke-13 yang telah diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) untuk anggaran yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Lantas, kapan gaji ke-13 pensiunan dan PNS 2022 cair? Berikut jadwal dan besaran yang akan diterima. 

Baca Juga: 5 Kuliner Malam Semarang, Lezat dan Legendaris

Mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 75/PMK.05/2022 mengatur tentang pencairan gaji ke-13 PNS. Biasanya gaji ke-13 dicairkan bersamaan dengan tahun ajaran baru sekolah di pertengahan tahun.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X