7 Manfaat Kecambah atau Taoge untuk Kesehatan Tubuh

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 20:30 WIB
Manfaat kecambah bagi kesehatan (PIXABAY)
Manfaat kecambah bagi kesehatan (PIXABAY)

AYOSEMARANG.COM – Kecambah atau taoge merupakan sayuran yang berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai. Walaupun ukurannya kecil dan harganya terbilang murah, kecambah mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beragam kandungan nutrisi tersebut, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalium, fosfor, beragam antioksidan, dan kandungan lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh.

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada kecambah dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit.

Baca Juga: 7 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker

Selain itu, mengonsumsi kecambah juga dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus karena kecambah juga memiliki kandungan prebiotik sehingga kesehatan usus pun tetap terjaga.

2. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi kecambah dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kecambah memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dan mengatur aktivitas enzim amilase, yakni enzim yang digunakan tubuh untuk memecah dan mencerna gula.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X