Teliti Teks Iklan Kuliner Semarang, Dosen UPGRIS Raih Doktor

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:01 WIB
- Nanik Setyawati dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) teliti  teks iklan kuliner khas Semarang berhasil raih gelar doktor.  (dok UPGRIS)
- Nanik Setyawati dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) teliti teks iklan kuliner khas Semarang berhasil raih gelar doktor. (dok UPGRIS)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Nanik Setyawati dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) teliti teks iklan kuliner khas Semarang berhasil raih gelar doktor. Disertasi dengan judul “Sistem Appraisal dalam Tahapan Pemasaran pada Teks Iklan Kuliner Khas Semarang di Media Internet,” mengantarkan Nanik sukses di hadapan para promotor, Jumat 12 Agustus 2022.

Ujian terbuka dihadiri rektor UPGRIS Dr Sri Suciati MHum beserta pejabat struktural lainya. Berkat pembimbing Prof Drs Riyadi Santosa MEd PhD (Promotor) dan Prof Dr Sumarlam MS (Ko-promotor), Nanik menjadi doktor ke-115 di UPGRIS. Nanik menyelesaikan doktor pada program studi Linguistik fakultas ilmu budaya Universitas Sebelas Maret.

Tujuan dari penelitian disertasi Nanik diantaranya mendeskripsikan peranti appraisal teks iklan kuliner khas Semarang di media internet di tahap perintisan. Kedua, mendeskripsikan peranti appraisal teks iklan kuliner khas Semarang di media internet di tahap kompetitif. Ketiga, mendeskripsikan peranti appraisal teks iklan kuliner khas Semarang di media internet di tahap retentif.

Baca Juga: 7 Manfaat Kecambah atau Taoge untuk Kesehatan Tubuh

Nanik menjelaskan lokasi data dalam penelitian kualitatif pada teks iklan kuliner khas Semarang di media internet, khususnya di website. “Penentuan sampel secara purposive sampling. Sumber data berasal dari 209 teks (memuat 386 data) yang tersebar pada teks di tahap perintisan, kompetitif, dan retentif,” kata Nanik.

Metode simak dengan teknik dasar berupa teknik sadap dan teknik simak bebas libat cakap sebagai teknik lanjutan dimanfaatkan dalam pengumpulan data. Prosedur analisis data dengan alur analisis model Spradley, yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya.

''Di tahap periklanan perintisan ditemukan jenis teks deskripsi dengan struktur yang rapi. Di tahap periklanan kompetitif terdapat teks deskripsi dan teks eksposisi (eksposisi analitis dan eksposisi hortatori). Struktur teks deskripsi dan teks eksposisi analitis terlihat rapi, sedangkan struktur teks eksposisi hortatori kurang begitu rapi,” imbuhnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker

Sri Suciati bangga dengan berhasilnya Nanik raih gelar doktor akan menambah sumber daya manusia khususnya dosen UPGRIS semakin unggul. “Kami selalu memberikan kesempatan kepada tenaga tendik atau dosen untuk terus belajar di dalam atau luar negeri. Semakin banyak dosen yang bergelar doktor akan membawa dampak positif bagi kampus UPGRIS,” jelas Suci.***

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unisma Kembali Raih Rekor MURI di Oshika Maba 2022

Jumat, 16 September 2022 | 14:50 WIB

Wakil Ketua DPR RI Beri Motivasi Mahasiswa Baru Unisma

Jumat, 16 September 2022 | 11:42 WIB

UPGRIS Terima 3.939 Mahasiswa Baru

Selasa, 13 September 2022 | 21:34 WIB

4527 Mahasiswa Baru Unisma Ikuti Oshika Maba 2022

Selasa, 13 September 2022 | 11:48 WIB

RUU Sisdiknas Tahun 2022 Sarat Polemik Panen Kritik

Jumat, 9 September 2022 | 10:24 WIB

Pengurus PGRI Ranting Khusus UPGRIS Dikukuhkan

Rabu, 7 September 2022 | 13:37 WIB

PIP Semarang Kembali Lepas 291 Wisudawan

Selasa, 6 September 2022 | 16:56 WIB
X