Gelar Festival Kethoprak Gaul 2022, Mahasiswa UNNES Pentaskan Lima Lakon Sekaligus

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:39 WIB
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES mementaskan ketoprak dalam Festival Kethoprak Gaul 2022 di Gedung B6 FBS, Sekaran, Gunungpati, Semarang. (Dok istimewa)
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES mementaskan ketoprak dalam Festival Kethoprak Gaul 2022 di Gedung B6 FBS, Sekaran, Gunungpati, Semarang. (Dok istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni, FBS UNNES menggelar ketoprak dalam Festival Kethoprak Gaul 2022.

Dalam dalam Festival Kethoprak Gaul 2022, mahasiswa FBS UNNES mementaskan lima lakon sekaligus.

Pementasan merupakan bentuk ujian akhir mata kuliah Drama Jawa Tradisional.

Lima lakon yang ditampilkan itu adalah “Mustaka Raja Brana” oleh Kethoprak Cahya Manggala, “Sandyakala Yawastina” oleh Kethoprak Dipta Pradanggapati, dan “Banyu Mulang Laku” oleh Kethoprak Sisyasangha. Ketiga lakon itu dipentaskan pada Rabu malam (22 Juni 2022).

Baca Juga: Jadwal Tayang Why Her Malam Ini, Link Nonton Drakor Why Her Episode 7 Sub Indo Gratis dan Legal

Adapun pada Kamis malam (23 Juni 2022), disuguhkan lakon “Tri Asmara” oleh Kethoprak Sami Remen dan “Mustika Prabasmara” oleh Kethoprak Sapanyana.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FBS UNNES Dr. Eko Raharjo yang hadir dalam pembukaan acara mengatakan, gelaran Festival Kethoprak Gaul 202 mesti didorong agar lebih dapat melibatkan publik yang lebih luas.

Keterlibatan itu, misalnya, pementasan pada tahun-tahun mendatang dapat diselenggarakan di sejumlah titik keramaian di Kota Semarang, sehingga gema acara dapat terdengar lebih luas dan lebih banyak warga yang mengapresiasi.

Eko mengatakan, festival yang digelar lagi setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19 ini menjadi momentum untuk kembali menggairahkan semangat generasi muda agar lebih mencintai kesenian tradisi.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X