Pelabuhan Niaga Kendal Mangkrak, ini Penyebabnya

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:26 WIB
Kapal tongkang bersadar di dermaga Pelabuhan Niaga Kendal, tidak beroperasi karena prasarana yang kurang mendukung. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Kapal tongkang bersadar di dermaga Pelabuhan Niaga Kendal, tidak beroperasi karena prasarana yang kurang mendukung. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Pelabuhan Niaga Kendal yang berada di sebelah barat pelabuhan penyeberangan saat ini kondisinya tidak terawat akibat mangkrak.

Bangunan kantor Pelabuhan Niaga Kendal juga tidak terawat dan ditumbuhi semak belukar, sementara di dermaga terlihat kapal tongkang yang sudah lama bersandar.

Ada tiga kapal besar yang terparkir. Saking lamanya terparkir, hingga kapal-kapal tersebut terlihat berkarat.

Baca Juga: Kios Lawang Sewu Segera Digusur, Begini Penjelasan Pemkot Semarang

Jalan menuju Pelabuhan Niaga Kendal sepanjang 700 meter aksesnya juga ditutup. Untuk jalan tersebut, telah menghabiskan anggaran Rp 1,5 miliar.

Semua aset berharga tersebut kondisinya mangkrak. Padahal, jika difungsikan maka berpotensi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah.

Mulai dari biaya sewa dermaga kapal, tarif atau retribusi masuk pelabuhan sampai pada parkir kendaraan dan tempat gudang penyimpanan barang maupun peti kemas yang akan diangkut.

Pelabuhan yang dibangun dengan anggaran hingga puluhan miliar rupiah ini sejak diresmikan 2019 lalu sama sekali belum pernah dioperasionalkan.

Baca Juga: Kantor Pajak Buka Layanan PPS di DP Mall Semarang

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

21 Tumpeng Ramaikan Tirakatan Desa Pucangrejo Gemuh

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:12 WIB

Capaian Pembayaran PBB di Kendal Baru 21,92 Persen

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:05 WIB

Cegah Radikalisme, ini Pesan Dandim dan Bupati Kendal

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:50 WIB

IFI Kendal Ajak Masyarakat Sehat

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:00 WIB
X