Anggota TNI Budidaya Tanaman Hidroponik, Jadi Viral di Batang, Ini Sosoknya

- Jumat, 14 Januari 2022 | 14:10 WIB
Serma Sudirman bersama pengunjung di Greenhouse tanaman sayuran dengan media hidroponik. Foto: dok
Serma Sudirman bersama pengunjung di Greenhouse tanaman sayuran dengan media hidroponik. Foto: dok

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Greenhouse sederhana menggunakan bambu metode hidroponik di lahan kebun milik Serma Sudirman menjadi viral diperbincangkan.

Tidak sedikit pula masyarak dari berbagai kalangan pelajar, mahasiswa, ASN serta masyarakat umum yang sengaja datang melihat secara langsung dan belajar mengelola perkebunan sayuran dengan media hidroponik.

Serma Sudirman merupakan anggota staf teritorial Kodim 0736 Batang. Greenhouse yang dimilikinya sebagai persiapan menjelang pensiun dari anggota TNI AD.

Baca Juga: Ratusan Ribu Tenaga Kerja di KITB Batang, Ini Pesan Bupati Batang Wihaji untuk Mahasiswa

"Pembudidayaan tanaman hidroponik tidak harus menggunkan bangunan atau kontruksi yang mahal, dan tidak harus membutuhkan lahan yang luas "ucapnya saat ditemui di area Greenhouse Desa Rowobelang Kecamatan Batang Kabupaten Batang, Jumat 14 Januari 2022.

Dalam pembuatanya, ia pun menggunakan bahan-bahan alami yang dibuat secara sederhana. Misalnya bisa menggunakan bambu atau kayu.

"Saya gunakan lahan sekitar rumah. Jadi tidak perlu harus memiliki lahan yang luas, dengan lahan terbatas pun kita bisa," bebernya.

Baca Juga: Bupati Wihaji Optimistis Target Vaksinasi Anak di Batang Selesai 2 Minggu

Sudirman juga menjelaskan, budidaya tanaman hidroponik bisa menjadi terobosan dan menciptakan image baru, bahwa pensiun bukan momok yang menakutkan.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X