Ranpur Tank Buatan Rusia dan Dua Meriam dari Cekoslavia Telah Tiba, Siap Percantik Alun-alun Batang

- Rabu, 26 Januari 2022 | 16:15 WIB
Sekda Batang Lani Dwi Rejeki menaiki tank tempur yang akan dipajang di Alun - alun Batang.    Foto: Muslihun kontributor Batang. 
Sekda Batang Lani Dwi Rejeki menaiki tank tempur yang akan dipajang di Alun - alun Batang.  Foto: Muslihun kontributor Batang. 

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Satu Kendaraan Tempur (Ranpur) Tank PT 76 buatan Rusia dan dua Meriam Howitzer 122 MM buatan Cekoslavia sudah tiba di kota Batang

Tiga kendaraan tempur milik Korps Marinir TNI AL itu akan menambah estetika Alun-alun kota Batang yang didatangkan langsung dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya

Tank PT 76 buatan tahun 1961 itu panjangnya 7,20 meter, panjang senjata 7,20 meter dengan lebar 3,14 meter dan tinggi 2,37 meter. 

Baca Juga: Gelar Prosesi Pek Kong Naik, Kelenteng Tay Kak Sie Antar Dewa-dewi Menuju ke Langit

Adapaun dua Meriam Howitzer 122 MM buatan tahun 1942 dengan kaliber 121,92 mm, panjang laras 2800mm, tinggi 1820mm, lebar 1975 dan beratnya 2500 kg. 

Ranpur hibah dari TNI AL untuk Pemkab Batang itu, bukan tidak ada alasan, ada sejarah perjuangan prajurit Korps Marinir yang gugur di perairan laut Batang yang dimakamkan di Taman Makam Pahlan Kadilangu. 

Sehingga pada tahun lalu, Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen (Mar) Suhartono, yang merupakan asli kelahiran Batang, saat napak tilas perjuangan TNI AL di Batang menawarkan hibah alutsista yang langsung mendapat respons Bupati Batang Wihaji. 

"Ada sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut di pesisir Batang, tidak sedikit prajurit yang gugur dan dimakamkan di TPU Kadilangu Batang," kata Bupati Batang Wihaji, Rabu 26 Januari 2022. 

Baca Juga: (POKOKMEN PSIS) Johanis Sampelo Part 1: Petinju yang Digadang-gadang Jadi Striker Potensial Mahesa Jenar

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X