(POKOKMEN PSIS) Johanis Sampelo Part 2: Habiskan Masa Pensiun untuk Berdedikasi pada PS POP Kota Semarang

- Rabu, 26 Januari 2022 | 18:18 WIB
Johanis Sampelo saat memberikan intruksi kepada pemain PS POPO. Dalam menghabiskan masa pensiunnya sebagai pemain bola, Sampelo kini melatih PS POP. ( dok. Sampelo)
Johanis Sampelo saat memberikan intruksi kepada pemain PS POPO. Dalam menghabiskan masa pensiunnya sebagai pemain bola, Sampelo kini melatih PS POP. ( dok. Sampelo)



SEMARANGSELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Eks pemain PSIS Semarang Johanis Sampelo kini sudah tak aktif lagi sebagai pemain sepak bola profesional.

Pria yang akrab disapa Sampelo itu saat ditemui pada Selasa 25 Januari berkata jika kini menjalani masa pensiunnya dengan melanjutkan pekerjaannya sebagai polisi dan juga melatih klub binaan Polrestabes Semarang PS POP.

Menjadi pelatih PS POP kata Sampelo merupakan bagian dari dedikasinya kepada klub yang sudah membesarkannya di Kota Semarang itu.

Baca Juga: PWI Jateng dan BKIM Bekerja Sama Fasilitasi Vaksinasi Booster untuk Wartawan

Sebelumnya dia tidak sebetulnya tidak menyangka, namun atas permintaan seniornya di PS POP yakni Agus Yatmono untuk mengambil lisensi pelatih, akhirnya dia menyanggupi.

"Setelah mengambil lisensi, Mas Agus meninggal dunia tak lama kemudian. Mungkin itu sudah pertanda untuk meneruskan pekerjaannya," kata anggota polisi yang berpangkat Ipda tersebut.

Di PS POP, Sampelo menjadi pelatih bersama Arif Ikhsan dan dibantu Mustain. Mereka saling bekerja sama untuk membina pemain PS POP yang rata-rata masih berusia 16-19 tahun.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces Kamis, 27 Januari 2022

Seperti yang sudah dilakukan oleh para seniornya, Sampelo banyak membawa disiplin kepolisian kepada konsep kepelatihannya.

"Lewat sepak bola dan disiplin kepolisian saya harap juga membentuk karakter para pemain di dalam maupun luar lapangan," kata pria yang kini bertugas di Satresnarkoba Polrestabes Semarang tersebut.

PS POP di lingkup kompetisi amatir PSSI Pengcab Kota Semarang merupakan salah satu tim yang cukup dipandang.

Sepanjang sejarah komptisi, PS POP cukup sering meraih juara. Bahkan sudah banyak juga pemainnya yang melenggang ke kancah profesional Liga Indonesia khususnya PSIS Semarang.

Baca Juga: Dico-Basuki Bakal Jabat Bupati dan Wakil Bupati Sampai 2024 Mendatang, KPU Kendal Beri Keterangan

Sejauh ini tercatat ada beberapa pemain yang pernah memperkuat PSIS Semarang, misalnya Taufik Permadi, Anis Hermansyah, Sentot Brahmono, Sampelo dan Rudiyana.

Sampelo juga mengungkapkan meskipun karier sepak bolanya tidak besar, namun dia sudah mendapat banyak ilmu untuk ditularkan. Itulah mengapa dia tertarik untuk meneruskan perjalanan sebagai pelatih PS POP.

Selama melatih PS POP, Sampelo sudah mendapat torehan yang cukup lumayan.

Baca Juga: Masih Ada Kelanjutan, Mommy ASF Beri Bocoran Cerita Layangan Putus 2

Di ajang kompetisi Pengcab PSSI Kota Semarang pada 2021 lalu, PS POP menjadi runner up.

"Kami hanya kalah satu poin dari USM Semarang. Kalau tidak mungkin kami sudah juara," ujar ayah tiga anak tersebut. ***

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X