Sambut Imlek 2022, Kopi Semawis Semarang Gelar Ritual Ketuk Pintu Kelenteng Tay Kak Sie, Dipimpin Tokoh Islam

- Senin, 24 Januari 2022 | 15:22 WIB
Kopi Semawis Kota Semarang sedang mengadakan ritual ketuk pintu Kelenteng Tay Kak Sie. Ritual ini digelar dengan dipimpi  tokoh agama Islam. (Dok. Kopi Semawis)
Kopi Semawis Kota Semarang sedang mengadakan ritual ketuk pintu Kelenteng Tay Kak Sie. Ritual ini digelar dengan dipimpi tokoh agama Islam. (Dok. Kopi Semawis)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM - Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata, Kopi Sewamis Kota Semarang, mengadakan ritual ketuk pintu di Kelenteng Tak Kak Sie, Pecinan Semarang, Minggu 23 Januari 2022.

Tradisi ketuk pintu Kelenteng Tay Kak Sie yang dilaksanakan oleh Kopi Semawis Kota Semarang itu memang rutin digelar jelang Pasar Imlek Semawis Semarang yang sarat akan nilai keberagaman.

Ketua Kopi Semawis Kota Semarang Harjanto Halim menyampaikan rangkaian ketuk pintu Kelenteng Tay Kak Sie dimulai dengan doa bersama di pelataran kelenteng. Ada selamatan, sajian ayam ingkung, serta potong tumpeng khas tradisi Jawa.

Baca Juga: Kecelakaan di Tol Jatingaleh Semarang, Pick Up Terguling, Muatan Tumpah di Jalan

"Meskipun acaranya di kelenteng, tetapi yang memimpin doa adalah tokoh agama Islam. Setelah berdoa secara Islam dilanjutkan berdoa secara Konghucu," kata Harjanto.

Setelah berdoa, acara diakhiri dengan pementasan barongsai di Tay Kak Sie serta keliling kelenteng lain di Pecinan untuk meminta restu kelancaran serangkaian perayaan Imlek 2573 yang jatuh pada 1 Februari 2022.

"Indonesia Indahnya ya seperti ini. Karena niatnya bagus, tujuannya bagus. Jadi menurut saya ini menjadi sebuah contoh bagaimana keberagaman dipraktikkan di Kota Semarang," tambah Harjanto.

Baca Juga: Jelang Imlek, Produksi Hio Swa di Semarang Meningkat

Untuk Pasar Semawis sendiri, Harjanto Halim mengatakan jika tahun ini tampaknya bakal kembali ditiadakan.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X