Ingin Mencangkok Tanaman? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi kekurangan dan kelebihan mencangkok tanaman  (YouTube/ Agro Tanaman )
Ilustrasi kekurangan dan kelebihan mencangkok tanaman (YouTube/ Agro Tanaman )

AYOSEMARANG.COM -- Mencangkok tanaman adalah metode perkembangbiakan vegetatif dengan cara mengupas ranting pohon yang sudah besar sampai terlihat kambiumnya. Bagian kambium inilah kemudian diutup tanah, humus, dan terkahir dilapisi plastik kemudian diikat sampai keluar akar.

Keberhasilan dari perkembangbiakan vegetatif ini bisa dipengaruhi oleh faktor seperti ukuran batang dan sifat media tanam. Diameter batang pohon dan media tanam yang ideal akan membuat tanaman hasil cangkok tumbuh dengan baik.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan mencangkok tanaman? Ini dia kami sajikan beberapa daftar kelebihan dan kekurangan mencangkok tanaman. Kelebihannya adalah:

Baca Juga: 6 Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

1. Pohon cepat berbuah

Mencangkok dapat membuat pohon tersebut berbuah lebih cepat dibandingkan waktu normalnya. Biasanya, para petani kebun menggunakan cara ini untuk meningkatkan hasil panen di kebun mereka.

2. Tanaman Cepat besar

Selain cepat berbuah, tanaman tersebut juga akan menjadi cepat besar dalam jangka waktu yang singkat. Ini tentunya tidak perlu lagi repot-repot dalam pemupukan tanaman yang harus dilakukan secara berulang ulang, tetapi hanya beberapa kali.

3. Buah banyak

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X