Ini Dia Homestay Napi di Lapas Terbuka Kendal, Tempat Memadu Kasih Bersama Istri

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:04 WIB
Bangunan yang difungsikan untuk penginapan keluarga warga binaan Lapas Terbuka. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Bangunan yang difungsikan untuk penginapan keluarga warga binaan Lapas Terbuka. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Sebanyak 4 bangunan yang berada di sekitar Kantor Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Terbuka Kendal disiapkan untuk homestay atau rumah penginapan.

Bangunan ini bisa dimanfaatkan warga binaan untuk menginap bersama keluarganya melepas kangen termasuk dapat untuk memadu kasih.

Namun ada syaratnya bagi yang akan mengunakan fasilitas ini yakni melampirkan surat keterangan nikah resmi bagi istri sah, KTP dan kartu keluarga.

Baca Juga: Aset Texmaco Grup di Kaliwungu Kendal Disita Negara

"Kalau tidak melampirkan surat nikah resmi, misal nikahnya sirri, tidak bisa. Harus yang nikah resmi secara negara," terang Kepala Lapas Terbuka Kendal, Rusdedy.

Tercatat sudah ada puluhan warga binaan dan keluarganya yang sudah menginap di homestay sejak 2017 lalu. Termasuk saat pandemi Covid-19. Rumah penginapan sederhana ini dilengkapi beberapa fasilitas pendukung seperti peralatan dapur, televisi, dan kipas angin. Setiap rumah memiliki 3 kamar, satu kamar mandi, dapur, dan juga ruang keluarga.

Dikatakan Rusdedy, fasilitas homestay ini diberikan sebagai penghargaan (reward) kepada warga binaan yang berkelakuan, dan bekerja dengan baik selama menjalani asimilasi. Warga binaan yang berhak mendapatkan fasilitas ini bisa langsung mengajukan permohonan agar bisa menginap bersama keluarga.

Setiap warga binaan yang lolos berkas pengajuan berhak menempati rumah penginapan selama 2x24 jam. Warga binaan juga diperkenankan membawa anak, maupun orangtua dengan maksud menyatukan kembali keluarga setelah terpisah menjalani hukuman dan asimiliasi

"Homestay ini diprogram untuk kunjungan keluarga, dengan tujuan menyatukan kembali hubungan keluarga. Karena keluarga bagian dari masyarakat yang harus diperkenalkan kembali kepada warga binaan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Rumah di Kelurahan Jotang Terbakar

Rabu, 30 November 2022 | 15:16 WIB
X