Tok! Ini Hasil Rapat Paripurna DPRD Kendal, Prioritas 2023, Tekan Angka Putus Sekolah Salah Satunya

- Kamis, 29 September 2022 | 13:07 WIB
 Sekda Kendal, Sugiono.  ((edi prayitno/kontributor Kendal))
Sekda Kendal, Sugiono. ((edi prayitno/kontributor Kendal))

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Competitive Kendal merupakan tema pembangunan Kabupaten Kendal di tahun 2023. Arah kebijakan yang akan dilaksanakan memprioritaskan optimalisasi SDM di Kabupaten Kendal yang berdaya saing, berkarakter dan handal.

“Langkah prioritas yang dilakukan diantaranya melalui peningkatan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, peningkatan standar mutu pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan,” ujar Sekda Kendal, Sugiono dalam Rapat Paripurna DPRD Kendal tentang Jawaban Bupati Kendal Atas Pemandangan Umum terhadap Nota Keuangan RAPBD tahun 2023, Kamis 29 september 2022.

Ditambahkan prioritas lainnya yakni pembinaan minat, bakat dan kreativitas siswa, serta mendorong keterlibatan keluarga dalam pendidikan untuk menekan angka putus sekolah dan meningkatkan angka melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga: Aparat Bongkar Penimbunan 900 Liter Pertalite di Kendal, 2 Pelaku Diringkus

Dalam rangka memastikan program tersebut dapat direalisasikan, maka akan dilakukan pengawalan pelaksanaan kegiatan melalui monitoring dan evaluasi yang dilakukan setiap bulan. Dengan demikian prioritas-prioritas pembangunan tersebut dapat berjalan secara tepat dan efektif,” tambah Sekda Kendal.

Program peningkatan SDM berkualitas telah dilakukan bersama dengan OPD terkait, yaitu Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal telah mempunyai program untuk meningkatkan sumber daya manusia, seperti Skill Development Centre (SDC).

Sementara dalam rangka memenuhi kebutuhan Triple Skilling (Skilling, Re-Skilling dan Up- Skilling) diperlukan infrastruktur lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi.

Sekda Sugiono menambahkan berbagai upaya juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal untuk menurunkan kemiskinan dan meningkatkan pendapatan warga miskin.

Baca Juga: Donor Darah dalam Rangka HUT PMI di Aula Kecamatan Gemuh Kendal

Halaman:

Editor: Wahyu Vitaarum

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X