13 Ekor Sapi Suspek PMK, Kapolres Batang Siap Bentuk Tim URC untuk Penanganan

- Selasa, 17 Mei 2022 | 15:48 WIB
Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto bersama Kepala Dislutlanak Batang Windu Suriadji saat melakukan pengawasan Lembu Jaya Farm, Desa Rowobelang. Foto: Muslihun kontributor Batang. 
Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto bersama Kepala Dislutlanak Batang Windu Suriadji saat melakukan pengawasan Lembu Jaya Farm, Desa Rowobelang. Foto: Muslihun kontributor Batang. 

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Sebanyak 13 ekor sapi di Kabupaten Batang terindikasi atau suspek penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Sapi suspek PMK tersebut berada di Desa Rowobelang Kecamatan Batang ada tiga ekor, tiga ekor sapi di Desa Rejosari Barat Kecamatan Tersono. Kasus terakhir ada tujuh ekor di Desa Menguneng (Kecamatan Warungasem). 

Kapolres Batang AKBP Irwan Susanto saat melakukan peninjauan lapangan salah satu peternak sapi meminta untuk selalu melaporkan apabila ada ternaknya ada gejala klinis PMK.

"Para peternak untuk saat ini wajib berkoordinasi dengan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) terkait untuk memeriksa kesehatan hewan. Ini sebagai langkah antisipasi agar PMK di Batang tidak menyebar," kata AKBP M Irwan Susanto, saat meninjau peternakan Lembu Jaya Farm, Desa Rowobelang, Selasa 17 Mei 2022.

Baca Juga: Dea OnlyFans Hamil, Berharap Tak Ditahan

Kapolres Batang juga siap melibatkan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kodim 0736 Batang untuk terlibat dalam Unit Rekasi Cepat penanganan PMK yang dibentuk oleh Dislukanak. 

Ia meminta paguyuban pengusaha peternakan bersatu. Sehingga penyakit PMK bisa terkendali.

"Jangan mencari keuntungan dari penyakit. Nanti timbul kerugian yang besar," tutur AKBP M Irwan Susanto. 

Kepala Dislutkanak Kabupaten Batang, Windu Suriadji mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batang tengah menyiapkan sejumlah skema meredam penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adakah Perbedaan Antara Solo dan Surakarta?

Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:22 WIB
X