2 Tahun Digelar Sederhana, Kirab Budaya di Batang Kini Digelar Meriah 

- Rabu, 18 Mei 2022 | 17:49 WIB
Prosesi kirab budaya yang berlangsung tahun lalu di area Pendopo Kabupaten Batang. Foto : dok 
Prosesi kirab budaya yang berlangsung tahun lalu di area Pendopo Kabupaten Batang. Foto : dok 

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Kirab budaya yang menjadi agenda tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Batang tahun ini bakal digelar secara meriah.

Sebelumnya, sejak dua tahun pandemi Covid-19, kirab budaya hanya dilangsungkan secara sederhana di dalam area Pendopo. Kegiatannya juga hanya boleh diikuti oleh kalangan tertentu saja. 

Di tahun ini, bertepatan dengan masa akhir jabatan Bupati Wihaji dan Wakilnya Suyono.  Arak-arakan kereta kencana berkeliling keluar area Pendopo Kabupaten Batang.

Begitu juga dengan prosesi arak - arakan tombak Abirawa dan pusaka dan bisa disaksikan oleh masyarakat umum.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Balita Hilang di Pemalang Ditemukan Meninggal Dunia

"Kirab akan digelar 20 Mei 2022. Dua tahun terakhir kirab budaya yang selama ini ditunggu-tunggu masyarakat tidak bisa dilaksanakan secara meriah. Tahun ini, kirab budaya kami rencanakan secara meriah kembali sebagaimana tahun-tahun sebelumnya," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, Achmad Taufik di kantornya.

Ia menjelaskan jika pusaka akan dikirabkan mulai dari Pendopo, jalan Ahmad Yani, jalan Gajahmada, kemudian menuju ke utara di jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Brigjen Katamso, jalan RA Kartini kemudian berakhir di Pendopo.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces Kamis, 19 Mei 2022

Bupati Batang Wihaji dan wakilnya Suyono bersama keluarga akan diarak menggunakan kereta kencana.

Begitu juga dengan anggota Forkopimda, alim ulama, dan tokoh masyarakat. Kereta kencana sepesial dari Solo akan dinaiki oleh Bupati. Setiap kecamatan akan membawa satu gunungan.

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinkes Batang Temukan 2 Kasus Covid-19 Baru

Jumat, 1 Juli 2022 | 14:31 WIB
X