Menabung 15 Tahun, Pemulung di Kendal Serahkan Sapi Kurban ke Masjid

- Selasa, 28 Juni 2022 | 20:01 WIB
Nenek Jumiah di depan rumahnya merapikan barang bekas yang dikumpulkan setiap hari.  (Edi Prayitno Kontributor Kendal)
Nenek Jumiah di depan rumahnya merapikan barang bekas yang dikumpulkan setiap hari. (Edi Prayitno Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Impian seorang nenek berusia 80 tahun, Jumiah warga Kelurahan Sijeruk Kota Kendal untuk berkurban seekor sapi akhirnya terwujud.

Meski awalnya uang yang dikumpulkan dari hasil mengumpulkan barang bekas akan digunakan untuk naik haji, namun Jumiah memilih untuk membeli sapi dan dikurban tahun ini.

“Saya ingin, kelak bisa naik sapi kurban bersama orang-orang yang sudah menjadi bagian dari hidupnya. Seperti, suami, orang tua, dan saudara-saudaranya. Senang bisa kurban, besok bisa naik sapi nanti nabung lagi buat haji,” jelasnya saat ditemui di kediamannya Selasa 28 Juni 2022.

Jumiah menceritakan selama kurang lebih 15 tahun menjalani rutinitas sehari-hari sebagai pemulung atau tukang rosok. Kegigihannya mencari rosok-rosok dijalani setiap hari demi mengumpulkan uang. Dahulu dia tinggal bersama suami di gubuk kecil dengan berjualan makanan.

Baca Juga: 5.847 Data Pemilih Tak Memenuhi Syarat Dicoret KPU Kendal

Setelah sang suami meninggal, Jumiah tinggal sebatang kara di rumah peninggalan keduanya. Sedangkan anak-anak tirinya sudah berkeluarga dan hidup terpisah. Sejak itu, Jumiah mulai menjajaki profesi barunya sebagai tukang pencari rosok atau pemulung.

Setiap hari dia mencari barang-barang bekas menyusuri jalanan di wilayah Kota Kendal dan sekitarnya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Jumiah biasa mulai memulung pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Seberapa banyak barang yang ia dapat selalu disyukuri tanpa mengeluh dengan keadaan.

"Enggak mesti (mulungnya, red). Kadang jauh, berangkatnya jalan kaki, pulangnya becak. Enggak kuat bawa rosok," imbuhnya.

Nenek Jumiah di depan rumahnya merapikan barang bekas yang dikumpulkan setiap hari. (Edi Prayitno / kontributor Kendal)

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dukung Percepatan Ekonomi Warga Lewat Lomba Mancing

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:07 WIB
X