Angkat Produk Lokal, 13 Industri Kecil Pamerkan Furniture dan Produk Kerajinan

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:17 WIB
Produk kerajinan dan furniture yang dipamerkan dalam Furnecraft Expo (Pameran Produk Furnitur) di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka) Kendal. (Edi Prayitno/ kontributor Kendal)
Produk kerajinan dan furniture yang dipamerkan dalam Furnecraft Expo (Pameran Produk Furnitur) di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka) Kendal. (Edi Prayitno/ kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Upaya mengangkat produk lokal yang dibuat industri kecil menengah (IKM) di Kendal, 13 industri kecil menunjukkan karya furniture dan kerajinan dalam Furnecraft Expo (Pameran Produk Furnitur) selama 3 hari di Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka) Kendal.

Ketua penyelenggara Furnecraft Expo, Ery Cahyono mengatakan, 13 IKM furnitur diambil dari produk lokal untuk menggaet industri Kendal. Pihaknya juga menggandeng puluhan UMKM guna menyemarakkan expo dengan berbagai produk makanan, minuman, jajanan, dan beberapa produk kerajinan.

Dijelaskan, Furnecraft Expo merupakan satu bentuk apresiasi bagi UMKM dan IKM Kendal, sekaligus meramaikan Dies Natalis ke-4 Pollifurneka. Ada berbagai produk furnitur seperti meja, kursi, hiasan rumah, hingga lemari dipamerkan dengan harga bervariasi.

Baca Juga: 5 Kasat dan 3 Kapolsek Dimutasi, Pesan Kapolres Harus Inovasi dan Kerja Keras

Pihaknya juga mengadakan bazar produk, seminar, workshop, talkshow, dan funbike terbuka untuk umum. Beberapa pelaku industri di Kabupaten Kendal juga diajak untuk memperkenalkan produk masing-masing kepada masyarakat. Sehingga produk khas Kendal bisa lebih dikenal lebih luas.

"Tujuan kami adalah menggaet industri di Kabupaten Kendal. Baik dari IKM maupun UMKM, utamanya di bidang furnitur," katanya.

Sementara Rektor Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal, Tri Ernawati menambahkan, pameran produk ini bertujuan untuk membangun kolaborasi antara Polifurneka dengan UMKM dan IKM.

Baca Juga: Adanya Potensi Sengketa Pemilu 2024, 18 Bawaslu dari Berbagai Daerah di Jateng Gelar Rakorwil

Menurutnya tugas lain Polifurneka selain mencetak SDM yang kompeten, juga mendampingi perkembangan IKM dan UMKM. Polifurneka telah terjun langsung ke desa-desa untuk menggandeng para IKM yang memiliki produk furnitur. Beberapa mahasiswanya juga sudah membangun usaha mandiri secara kolektif untuk mengembangkan produk furnitur di Kabupaten Kendal.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Rumah di Kelurahan Jotang Terbakar

Rabu, 30 November 2022 | 15:16 WIB

Bakar Semangat Pesilat Menuju Kendal Kota Pesilat

Selasa, 29 November 2022 | 20:58 WIB
X