Tradisi Berbagi Sedekah Uang di Desa Krajan Kulon Kaliwungu Saat 10 Muharram

- Senin, 8 Agustus 2022 | 16:41 WIB
Salah satu warga membagikan uang kepada anak-anak dalam tradisi Asyura di Kenduruan, Kaliwungu Senin 08 agustus 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Salah satu warga membagikan uang kepada anak-anak dalam tradisi Asyura di Kenduruan, Kaliwungu Senin 08 agustus 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - - Di saat Muharram, selain menyantuni anak yatim piatu, berbagi kepada warga juga menjadi kegiatan dan tradisi rutin masyarakat di Kaliwungu.

Bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, tak sedikit masyarakat membagikan uang kepada warga kurang mampu sebagai bentuk kepedulian.


Seperti yang dilakukan di Kampung Kenduruan, Desa Krajan Kulon Kaliwungu, usai sholat dzuhur, warga yang mempunyai rezeki lebih berbagi uang kepada warga sekitar.

Baca Juga: Polemik Selokan Tertutup, Satpol PP Semarang akan Mediasi Pihak Perumahan dan Warga Pedurungan Lor

Biasanya seorang yang akan membagikan sedikit rezekinya berada di depan rumah. Dan kemudian akan dihampiri warga lainnya.


Dengan rapi dan tidak ada saling berebut, warga mendapatkan uang tunai dari Rp 2.000 hingga Rp 20.000 yang diberikan dari mereka yang mempunyai rezeki lebih.

 

Ketua RT Kampung Kenduruan, Nurul Hidayat mengatakan, tradisi membagikan uang kepada warga merupakan kegiatan rutin tahunan.


“Ini memperingati hari Asyura atau bertepanan dengan tanggal 10 Muharram. Warga yang mempuyai rezeki berlebih bisa berbagi dengan warga sekitar yang membutuhkan,” katanya Senin 8 agustus 2022.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tungku Oven Bocor, Pabrik Kayu di Protomulyo Terbakar

Kamis, 29 September 2022 | 20:33 WIB

Ini Cara Hindari Investasi Bodong Versi MES Kendal

Kamis, 29 September 2022 | 19:18 WIB

Guru PAUD Adalah Pengabdian dan Dituntut Kreatif

Senin, 26 September 2022 | 18:42 WIB
X