Begini jika Menthok Ikut Kontes: Selain Keindahan, Bobotnya Dinilai

- Selasa, 22 November 2022 | 18:22 WIB
Kontes menthok yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Selasa 22 November 2022.  (Edi Prayitno/kontributor Kendal)
Kontes menthok yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Selasa 22 November 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Kontes ikan hias, kucing, burung ataupun anjing sudah biasa. Lalu bagiamana jika ada kontes hewan unggas yang satu ini.

Namanya kontes menthok, menjadi agenda tahunan Dinas Pertanian dan Pangan Kendal untuk mencari menthok yang indah dan berbobot. Penilaian untuk menentukan juara selain kecantikan dan keindahan bulu-bulunya, juga panjang badan serta bobot menthok yang ikut kontes.

Menthok yang ikut kontes yang dilaksanakan Selasa 22 November 2022 ini dimasukan ke dalam kandang kayu yang sudah disiapkan. Setiap kandang diisi satu ekor menthok yang akan dinilai dewan juri untuk mendapatkan gelar menthok tercantik dan terberat.

Baca Juga: Demi Kebaikan Petani, Penerima PKH Ini Hibahkan Lahan untuk Embung di Kalibareng

Untuk kategori terberat yang dinilai adalah bobot atau berat menthok sekaligus panjang tubuhnya. Menthok ditimbang menggunakan timbangan elektronik dan diukur panjang tubuhnya.

Sementara untuk kategori beauty atau tercantik, dinilai dari corak dan motif bulu serta kesamaan warna bulu. Tidak hanya itu keaktifan menthok dan kebersihan kaki menjadi penentu selain kesesuaian bulu dengan tinggi dan panjangnya tubuh mentok.

"Kontes ini diprakarsai paseduluran menthok Kendal dengan tujuan untuk melestarikan hewan unggas yang umumnya dikonsumsi dagingnya,” ujar Panitia penyelenggara Bayu Aji Amto.

Dikatakan ada beberapa kriteria yang dinilai dalam duck contest festival ini, selain keindahan anggota tubuh entok, keindahan bulu juga menjadi salah satu penilaian juri. “Jumlah peserta untuk kategori bobot 60 peserta dan kategori beauty ada 40 peserta dari Kendal,” imbuhnya.

Baca Juga: Bikin MERINDING, Begini Penampakan Rumah Ki Joko Bodo, Istana Wong Sintinx: Ada Goa Aura Mistis dan Candi?

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X